Stopkontak mengeluarkan api akibat terjadinya korsleting di rumah

Penyebab korsleting listrik dan cara mencegahnya di rumah harus segera diidentifikasi dan diatasi sesegera mungkin karena jika dibiarkan dapat mengancam keselamatan dan keamanan penghuni. Dalam banyak kasus, korsleting bahkan bisa memicu ledakan, kebakaran, hingga mengancam nyawa.

Untuk mencegah dampak bahaya korsleting, sangat penting memahami faktor-faktor penyebabnya dan menetapkan langkah-langkah pencegahan yang sesuai.

 

Baca Juga: Apa Itu Pilot Lamp atau Lampu Indikator Panel Listrik?

5 Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mencegahnya di Rumah

Simak 5 penyebab utama korsleting listrik di rumah, serta langkah-langkah pencegahannya berikut ini.

1. Kesalahan Instalasi Listrik

Salah satu penyebab utama korsleting listrik di rumah adalah kesalahan pemasangan peralatan listrik. Contohnya, kesalahan pemasangan kabel yang memicu kontak langsung antara kabel listrik positif dan negatif hingga menciptakan kemungkinan terjadinya korsleting listrik.

Langkah pencegahan: Pastikan instalasi listrik di rumah dilakukan oleh tenaga ahli. Selain itu, rutin periksa dan lakukan perawatan pada instalasi listrik.

2. Pemakaian Listrik Berlebihan

Menggunakan terlalu banyak peralatan listrik dalam satu sirkuit dapat menyebabkan overload listrik. Ketika daya yang diminta melebihi kapasitas, kabel dan sakelar bisa menjadi panas bahkan meleleh, menciptakan potensi korsleting listrik.

Langkah pencegahan: Jangan menggabungkan terlalu banyak peralatan pada satu sirkuit. Selalu pastikan sirkuit listrik memiliki daya yang cukup untuk menampung beban yang dihubungkan.

3. Kabel Rusak atau Usang

Kabel listrik yang rusak atau usang adalah penyebab umum korsleting listrik. Kabel yang terkelupas, terpotong, atau memiliki isolasi yang rusak bisa meningkatkan risiko korsleting.

Langkah pencegahan: Periksa secara berkala kabel listrik di rumah. Segera ganti atau lakukan perbaikan jika menemukan kabel yang rusak.

4. Kondisi Lingkungan yang Ekstrem

Kondisi lingkungan ekstrem seperti kelembaban tinggi atau suhu dan cuaca ekstrem dapat merusak instalasi listrik dan menyebabkan korsleting.

Langkah pencegahan: Pastikan instalasi listrik tahan terhadap segala cuaca, terutama jika lingkungan tempat tinggal memiliki kondisi yang ekstrem. Gunakan peralatan listrik yang dirancang tahan terhadap kondisi tersebut.

5. Kelalaian Manusia

Memasang sakelar atau steker dengan ceroboh atau secara tidak sengaja menyentuh kabel listrik yang terkelupas bisa memicu terjadinya korsleting. Kesalahan-kesalahan kecil seperti ini rupanya dapat menciptakan bahaya yang tak terbayangkan sebelumnya.

Langkah pencegahan: Selalu berhati-hati saat memasang atau memperbaiki peralatan listrik. Pastikan untuk mematikan sumber listrik sebelum melakukan pekerjaan yang melibatkan kabel listrik.

6. Kualitas Perangkat Listrik Rendah

Korsleting juga bisa terjadi apabila perangkat listrik yang dipasang di rumah memiliki kualitas yang rendah dan tidak mumpuni sehingga kerusakan bisa sangat cepat terjadi. Hal ini bisa memicu bahaya listrik, seperti terjadinya ledakan dan kebakaran.

Langkah pencegahan: Pasang perangkat listrik dari merek yang terjamin kualitasnya untuk sistem kelistrikan di rumah. Cara ini merupakan langkah yang penting dan mendasar dalam mengurangi risiko bahaya korsleting.

Apa Sebenarnya Korsleting Listrik Itu?

Korsleting listrik adalah suatu kondisi berbahaya yang terjadi ketika dua atau lebih kabel listrik yang berbeda polaritas, atau konduktor yang berbeda, terhubung secara tidak benar atau terputus, menyebabkan arus listrik berjalan melalui jalur yang tidak diinginkan.

Kondisi ini sering kali menghasilkan lonjakan arus yang dapat memicu percikan api, bahkan kebakaran, jika tidak segera diatasi.

Korsleting listrik adalah penyebab umum dari kecelakaan listrik dan kerusakan peralatan listrik, sehingga pemahaman yang baik tentang pencegahannya dan tindakan yang tepat saat kondisi itu terjadi sangat penting untuk menjaga keselamatan.

Pentingnya Memasang Perangkat Listrik yang Aman di Rumah

Dalam upaya mencegah dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik yang berbahaya, sangat penting memastikan perangkat listrik yang dipasang di rumah berkualitas dan terjamin keamanannya.

Perangkat listrik merupakan fondasi keselamatan para penghuni rumah dalam jangka panjang.  Ingatlah, dalam kehidupan yang sangat bergantung pada listrik seperti saat ini, ketidakamanan instalasi listrik dapat membahayakan nyawa.

Perangkat listrik berkualitas dapat meminimalkan risiko kebakaran, sengatan listrik, ledakan, dan gangguan lainnya. Selain itu, perangkat listrik yang tahan lama dan awet dapat menghemat energi dan biaya listrik karena bisa berfungsi mencegah kebocoran daya.

Dengan perangkat listrik yang bagus, penggunaan peralatan elektronik menjadi lebih nyaman tanpa kekhawatiran sehingga kualitas hidup pun akan meningkat.

Singkatnya, memasang perangkat listrik yang aman dan berkualitas di rumah bukan hanya masalah kenyamanan, tetapi juga keselamatan dan efisiensi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Mencari perangkat listrik berkualitas terkadang bisa jadi kegiatan yang membingungkan. Pasalnya, saat ini barang-barang kelistrikan di pasaran semakin bervariasi, mulai dari harga yang mahal untuk kualitas standar, hingga harga yang murah untuk kualitas abal-abal.

Untuk itu, telesindo.id hadir memberikan solusi bagi Anda yang mencari perangkat listrik terbaik dan berkualitas, tetapi dengan harga yang terjangkau di pasaran.