MCB

Keamanan adalah aspek krusial dalam setiap instalasi listrik, baik itu di rumah, kantor, atau industri. Salah satu komponen vital untuk memastikan keamanan tersebut adalah Miniature Circuit Breaker (MCB). MCB berfungsi sebagai pemutus aliran listrik otomatis yang melindungi instalasi listrik dari kerusakan akibat gangguan seperti overcurrent atau korsleting. Ada berbagai pilihan merek, tapi MCB Schneider menjadi paling populer karena kualitasnya.

Namun, dengan popularitas tersebut, banyak pemalsuan MCB Schneider. Alhasil bukannya aman, instalasi listrik malah berisiko mengalami masalah karena kualitasnya tidak terjamin. Jadi, supaya tidak salah pilih, simak tips cara membedakan MCB schneider asli dan palsu dalam artikel berikut ini.


Apa itu MCB Schneider?

Pengertian MCB Schneider adalah komponen vital dalam instalasi listrik yang berfungsi sebagai pengaman otomatis. Saat terjadi beban berlebih atau korsleting, MCB akan memutus aliran listrik untuk mencegah kerusakan pada instalasi dan perangkat elektronik. Fungsi ini sangat penting dalam mencegah risiko kebakaran dan memastikan keselamatan penggunaan listrik di rumah ataupun tempat kerja.

Karena itulah, memilih MCB yang berkualitas seperti Schneider adalah langkah penting untuk memastikan keamanan instalasi listrik. MCB Schneider dibuat dengan material berkualitas tinggi dan melalui proses produksi yang ketat sesuai standar industri. Produk ini juga sudah tersertifikasi oleh lembaga sertifikasi terkemuka seperti IEC (International Electrotechnical Commission) atau KEMA (Netherlands). Jadi, kualitas MCB Schneider sudah teruji keamanannya.

 

Perbedaan MCB Schneider Asli dan Palsu

Tidak hanya dari segi kualitas, MCB dari brand Schneider palsu dan asli punya beberapa perbedaan lain. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Material, Konstruksi, dan Sertifikasi

MCB Schneider asli dibuat dengan material berkualitas tinggi dan melalui proses produksi yang presisi. Sebaliknya, MCB palsu sering kali menggunakan material yang tidak tahan lama sehingga rentan terhadap kerusakan dan kegagalan dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, kualitas MCB Schneider yang bagus dan pastinya sudah mendapatkan sertifikasi resmi. Anda pun bisa mengecek keasliannya. Sementara yang palsu tanpa sertifikasi resmi, sehingga tidak dapat menjamin kualitas dan keamanannya.

2. Performa dan Umur Pakai

MCB Schneider asli memiliki performa yang andal dan umur pakai yang panjang sehingga mampu bertahan dalam kondisi operasional yang berat dan tahan terhadap lonjakan arus listrik. MCB palsu cenderung memiliki performa yang kurang kuat dan umur pakai lebih pendek sehingga rentan terhadap kegagalan dalam jangka panjang.

3. Proteksi Overcurrent

MCB Schneider asli dilengkapi dengan proteksi overcurrent yang sangat responsif dan akurat. Sehingga mampu mendeteksi lonjakan arus listrik dengan cepat dan memutus aliran listrik untuk mencegah kerusakan. MCB palsu sering memiliki proteksi overcurrent yang kurang responsif dan akurat, sehingga tidak memberikan perlindungan optimal.

4. Proteksi Short Circuit

Proteksi short circuit pada MCB Schneider asli dirancang untuk segera memutus aliran listrik saat terdeteksi korsleting sehingga mencegah potensi kebakaran. MCB palsu cenderung kurang efektif dalam memberikan proteksi short circuit bahkan meningkatkan risiko kebakaran.

5. Fitur Tambahan untuk Keamanan

MCB Schneider asli sering dilengkapi dengan fitur tambahan seperti proteksi terhadap lonjakan tegangan dan suhu berlebih. Fitur-fitur ini tidak dimiliki oleh MCB palsu sehingga membuatnya lebih rentan terhadap gangguan dan risiko kebakaran.

 

Baca Juga: Fakta-fakta MCB vs MCCB, Mana yang Lebih Baik?

 

Tabel Beda MCB Schneider Asli dan Palsu

Membedakan MCB Schneider asli dan palsu memerlukan ketelitian. Produk palsu semakin mirip dengan yang asli. Bahkan menggunakan bahan berat untuk meniru berat fisik produk asli. Namun, beberapa perbedaan tetap dapat dikenali dengan melihat tabel perbandingan berikut ini.

Fitur MCB Schneider MCB Schneider Palsu
Harga Tinggi Relatif Rendah
Kualitas Tinggi Rendah
Perlindungan Optimal Kurang Memadai
Kompatibilitas Baik Terbatas
Ketersediaan Mudah Ditemukan Tidak Stabil
Tahan Lama Ya Tidak
Garansi Ada Tidak Ada
MCB Schneider OriMCB Schneider Ori
MCB Schneider Asli

 

Dapatkan MCB dan Alat Listrik dari Schneider Asli Hanya di Telesindo

MCB Schneider menjadi salah satu peralatan instalasi listrik yang cukup populer dan sering dipalsukan. Supaya Anda tidak salah dalam melakukan pembelian, penting mencari toko terpercaya ketika melakukan transaksi. Lewat website telesindo.id Anda bisa mendapatkan produk MCB dan peralatan listrik lainnya dengan mudah.

Selain harganya yang kompetitif banyak sekali pilihannya. Jadi, Anda bisa mendapatkan produk terbaik sesuai preferensi pribadi. Yuk kunjungi situsnya sekarang untuk mendapatkan peralatan listrik berkualitas dan pastinya awet serta aman ketika digunakan!

Memahami perbedaan antara MCB Schneider asli dan palsu adalah langkah penting untuk memastikan keamanan serta kualitas instalasi listrik rumah maupun kantor Anda. Karena MCB palsu bisa menyebabkan risiko serius terhadap keamanan sistem serta keselamatan pengguna. Oleh karena itu, penting untuk memperoleh produk dari sumber terpercaya seperti website telesindo.id dan memverifikasi keaslian MCB sebelum digunakan.