tips instalasi listrik gedung bertingkat

Memastikan keamanan instalasi listrik dari gedung bertingkat seperti perkantoran sangatlah penting. Untuk itulah, pemasangan dan pemeliharaan dari instalasi wajib dilakukan dengan teliti.

Perlu diingat bahwa gedung bertingkat memerlukan tegangan listrik yang tinggi. Di balik itu, resiko nya pun tinggi. Jika instalasinya bermasalah, risikonya bisa membahayakan keselamatan setiap orang.

instalasi listrik gedung bertingkat untuk perkantoraninstalasi listrik gedung bertingkat untuk perkantoran
Gambar: Freepik/@dgegham

 

Di samping itu, kelancaran operasional di perkantoran pun akan terganggu. Maka dari itu, penting bagi instalator untuk memastikan pemasangan listrik berfungsi dengan optimal. Selain itu, beberapa aspek instalasi pun harus tersedia. Keberadaannya akan membantu dalam meningkatkan keamanannya.

Berikut ini tips instalasi listrik gedung bertingkat yang aman dan nyaman bagi penghuni, terutama untuk gedung perkantoran.

7 Tips Instalasi Listrik Gedung Bertingkat

Keamanan dari instalasi listrik di gedung perkantoran wajib diusahakan. Setidaknya, ada beberapa instalasi yang harusnya ada. Berikut ini 7 tips instalasi listrik yang aman di gedung bertingkat. 

1. Sistem Grounding

Sistem kelistrikan gedung bertingkat membutuhkan sistem grounding. Sistem ini sangat dibutuhkan untuk meminimalkan risiko yang mengancam jiwa. Grounding ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik berlebih ke bumi. Misalnya ketika ada lonjakan arus, arus tersebut akan dialirkan langsung ke bumi. Dengan begitu, tidak ada efek kejutan listrik yang berbahaya. Sistem ini pun harus terpasang dengan benar. Kemudian, sistemnya juga perlu diperiksa secara rutin. Tujuannya untuk memastikan fungsinya berjalan dengan baik.

Apabila sistem grounding ini tidak bekerja dengan baik, lakukan perbaikan dengan segera. Anda bisa menghubungi teknisi listrik untuk membantu Anda dalam memperbaikinya.


2. Buat Jaringan Listrik Terpisah

jaringan listrikjaringan listrik
Gambar: Freepik/@stockerphotos

 

Overload merupakan salah satu risiko dari pemasangan listrik di gedung perkantoran. Ketika arusnya overload, beban yang diterima akan semakin besar. Risikonya bisa menyebabkan kerusakan pada sejumlah peralatan elektronik. Selain itu, risiko paling berbahaya adalah timbulnya kebakaran. Tentu saja, tidak ada satu orang pun yang menginginkannya.

Untuk meminimalkannya, Anda perlu membuat jaringan listrik terpisah di gedung bertingkat. Contohnya memisahkan jaringan listrik utama dengan jaringan listrik di area server atau pun keamanan. Pemisahan jaringan ini akan sangat berguna. Terutama untuk mengurangi risiko overloading.

Bahkan, keberadaannya akan menjadi solusi untuk operasional kerja. Yakni, pekerjaan akan terus berjalan meskipun terjadi masalah pada salah satu sistem kelistrikan lainnya.


3. Pasang MCB dan RCCB

Komponen ini tidak boleh sampai hilang dari pemasangan instalasi gedung. Karena, keduanya sangat penting dalam mendukung keamanan. MCB (Miniature Circuit Breaker) ini menjadi komponen paling berharga dalam instalasi kelistrikan. Fungsi utamanya untuk melindungi arus berlebih yang berpotensi menyebabkan kebakaran.

cek mcbcek mcb
Gambar: Freepik/@family31

 

Misalnya ketika muncul korsleting, komponen ini akan bekerja secara otomatis dalam memutus arus listrik. Dengan begitu, tidak ada lagi arus yang tetap mengalir dan berisiko menyebabkan kerusakan dan kebakaran.

Sementara RCCB (Residual Current Circuit Breaker) punya manfaat yang sama bergunanya dalam mendukung keselamatan. Fungsinya untuk melindungi kebocoran arus.


Baca Juga: Fakta-fakta MCB vs MCCB, Mana yang Lebih Baik?


4. Sistem Monitoring

Sistem monitoring bisa dipasang sebagai upaya pemeliharaan instalasi gedung perkantoran. Sistem ini akan bekerja dengan memberitahukan informasi penting terkait arus listrik. Ingatlah jika rangkaian listrik yang digunakan dalam waktu lama rentan mengalami masalah. Di samping itu, faktor lain seperti menempatkan sejumlah peralatan elektronik bisa membuat arus listrik semakin tinggi.

pemeliharaan sistem listrikpemeliharaan sistem listrik
Gambar: Freepik/@EyeEm

 


Di sini, Anda perlu memonitor arus. Tentunya untuk melihat seperti apa beban listrik yang terjadi. Tujuannya untuk menghindari permasalahan seperti gangguan atau padam. Selama Anda menempatkan sistem monitoring listrik, alat ini akan memberikan kejelasan terkait arusnya. Apabila terjadi gangguan, Anda akan segera mendapatkan informasi. Dengan begitu, Anda dapat bergerak cepat untuk memperbaikinya.


5. Sistem Alarm Kebakaran

Risiko kebakaran kerap terjadi di gedung bertingkat. Ketika tidak dilengkapi dengan sistem alarm kebakaran, risikonya akan berbahaya bagi para pegawai di dalam gedung. Anda seharusnya menempatkan sistem alarm kebakaran di dalam gedung. Sistem ini akan bekerja dengan menyalakan sirine ketika mendeteksi adanya kebakaran.

Selama Anda menggunakannya, usahakan untuk selalu memeriksa sistem tersebut. Pastikan sistemnya terpelihara sehingga bisa memberikan manfaat dari segi keamanan.


6. Sistem Ventilasi Listrik

Pemasangan instalasi listrik di gedung bertingkat membutuhkan sistem ventilasi listrik. Sistem ini memiliki peran yang sangat krusial untuk meningkatkan keamanan. Di antaranya mencegah overheating, menjaga kualitas udara, meningkatkan efisiensi energi hingga menjaga umur peralatan dan lain sebagainya.

Sederhananya, sistem ini memastikan sirkulasi udara di area yang memiliki peralatan listrik dengan baik. Ketika sirkulasinya baik, risiko seperti kerusakan peralatan dan kebakaran bisa dihindari.


7. Pelindung Saklar dan Stop Kontak

Panduan selanjutnya untuk menjaga keamanan listrik di gedung bertingkat adalah selalu menggunakan pelindung pada saklar dan stop kontak. Pelindung ini tidak hanya bekerja untuk melindungi seseorang, tetapi juga melindungi dari kerusakan.

Di gedung bertingkat, pelindung ini sangat dibutuhkan. Khususnya untuk mencegah akses yang tidak diinginkan sekaligus mengurangi risiko kecelakaan listrik. Contoh pelindung saklar adalah cover saklar dan saklar dengan kunci. Fungsinya kurang lebih sama. Yakni, menutupi saklar agar bisa mencegah dari tekanan yang tidak disengaja.

Sementara itu, pelindung stop kontak juga dibutuhkan. Biasanya memiliki desain khusus yang mana benda asing tidak mudah masuk ke lubang stop kontak. Atau, jari-jari tidak masuk ke aliran listrik. Semakin banyak pelindungnya, sisi keamanan dari instalasi tersebut akan didapatkan. Yang paling penting, selalu periksa sistemnya agar keamanannya terus terpelihara.

Demikianlah panduan yang bermanfaat untuk menjaga keamanan instalasi listrik di gedung bertingkat atau perkantoran. Apabila Anda membutuhkan komponen kelistrikan tersebut, Anda bisa mencarinya di telesindo.