tagihan listrik bulanan

Mau hemat tagihan listrik, jangan hanya matikan alat elektronik saja. Itu belum cukup. Anda butuh cara mengurangi tagihan listrik bulanan yang benar-benar membantu. Cara ini sebenarnya sangat sederhana. Tetapi, butuh komitmen untuk menerapkannya secara terus-menerus.

Apabila Anda menerapkannya, tagihan listrik yang selama ini membebani akan berkurang secara signifikan. Dan ini menjadi salah satu pencapaian tersendiri bagi Anda yang menginginkan pengeluaran minim di tiap bulannya.

Cara Mengurangi Tagihan Listrik Bulanan Secara Efektif

Mematikan sejumlah perangkat elektronik memang membantu dalam penghematan. Tetapi, cara tersebut masih belum cukup untuk menghindari tagihan yang besar. Untuk itulah, terapkan cara menghemat tagihan listrik bulanan ini. 

1. Gunakan Perangkat Hemat Energi

Mulai sekarang, pertimbangkan untuk menggunakan perangkat yang hemat energi. Toh, perangkat tersebut sudah tersedia melimpah di pasaran. Artinya, Anda punya pilihan yang bisa dijadikan solusi saat tarif listrik mengalami kenaikan. Adapun manfaat dari perangkat tersebut adalah konsumsi dayanya jauh lebih sedikit. Meskipun dayanya kecil, tetapi kualitas yang diberikan sangat layak. Contohnya adalah lampu LED.


Penggunaan jenis lampu ini sangat tepat mengingat LED bisa menghasilkan cahaya terang dengan konsumsi daya rendah, lebih cerah dibandingkan lampu yang dihasilkan dari lampu pijar dengan ukuran yang sama.

 

lampu led hemat listriklampu led hemat listrik
Dekorasi rumah elegan dengan lampu led hemat listrik. Gambar: Freepik

 

Misalnya saja cahaya lampu LED 3 watt yang setara lampu pijar 40 watt. Bisa dibayangkan betapa luar biasanya teknologi pada lampu LED ini. Jika Anda masih bertanya tentang bagaimana cara agar tagihan listrik bulanan tidak makin besar, maka solusinya adalah mengganti lampu pijar atau dengan lampu LED ini.


Hal sama berlaku pada beberapa perangkat elektronik lainnya yang dirancang secara hemat energi. Anda hanya perlu melakukan pergantian saat ini juga. Meskipun harganya terbilang lebih mahal, tetapi manfaatnya amat besar untuk jangka panjang.


Baca Juga: 4 Tips Memilih Lampu Gudang dan Rekomendasi Pencahayaan Industri yang Benar

 

2. Jaga Kebersihan Perangkat Elektronik

Selain menggunakan perangkat atau alat listrik modern yang hemat energi, solusi lainnya adalah rutin untuk membersihkan perangkat elektronik. Terutama perangkat yang kerap mengonsumsi daya cukup besar. Contohnya TV, AC, dan Kulkas.

 

membersihkan perangkat elektronikmembersihkan perangkat elektronik
Ilustrasi wanita sedang membersihkan tv. Gambar: Freepik

 

Dua jenis peralatan rumah ini perlu dibersihkan rutin agar kotorannya tidak menumpuk. Pasalnya, penumpukan kotoran bisa menyebabkan beban kerja lebih berat. Beban kerja yang terlalu berat memaksa perangkat untuk menarik daya semakin besar. Tak ayal jika tagihan listrik pun semakin membengkak.


Baca Juga: 5 Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mencegahnya di Rumah


3. Manfaatkan Listrik Prabayar

Cara mengurangi tagihan listrik bulanan lainnya adalah dengan memanfaatkan listrik prabayar. Yakni, skema pembayaran listrik di awal sebelum pengguna memakainya. Metode ini terbilang cukup bagus. Pasalnya, Anda akan lebih sadar mengenai berapa banyak konsumsi listrik yang hendak digunakan.

 

listrik prabayarlistrik prabayar
Meter prabayar (MPB) atau listrik prabayar (LPB). TEMPO/Abdi Purmono

 

Sederhananya, Anda dapat mengendalikan penggunaan listrik di tiap bulannya agar listrik tidak padam. Kalau pun padam, ke depannya Anda bisa mencermati sejumlah perangkat yang kerap mengonsumsi daya berlebihan. Dari sini, Anda pun dapat membatasi penggunaannya.

4. Perbaiki Sirkulasi Udara di Rumah

Peralatan listrik rumah cukup banyak. Ketika terus digunakan sepanjang waktu, ini akan membuat konsumsi daya semakin tinggi. Akibatnya, tagihan bulanan pun membengkak. Supaya tidak terus digunakan, memperbaiki sirkulasi udara di rumah akan sangat membantu. Terutama jika Anda tinggal di lokasi yang tidak banyak pepohonan.

Sirkulasi udara yang lancar memungkinkan ruangan akan tetap sejuk. Dengan begitu, Anda pun bisa meminimalisirkan penggunaan perangkat pendingin ruangan.

5. Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah

Senada dengan sirkulasi udara, pencahayaan alami ke dalam rumah juga diperlukan. Tujuannya supaya Anda tidak menyalakan lampu sepanjang waktu. Meskipun konsumsi daya dari lampu kemungkinan kecil, tetapi penggunaannya sepanjang waktu juga akan menambah beban pada tagihan listrik.

 

pencahayaan alami di rumahpencahayaan alami di rumah
Memaksimalkan pencahayaan alami di rumah dengan jendela besar. Gambar: thearchitectsdiary.com (Design: Jacob + Rathodi Architects)

 

Anda dapat mengoptimalkan pencahayaan alami salah satunya dengan membuat jendela berukuran cukup besar atau penempatan jendela kaca di beberapa sudut ruangan yang langsung menghadap ke sinar matahari.

6. Mengatur Penggunaan Mesin Cuci dan Kulkas

Mengatur penggunaan alat elektronik yang memiliki daya besar, seperti mesin cuci dan kulkas, bisa Anda lakukan dengan bijak agar pemakaian listrik semakin hemat. Misalnya Anda bisa membuat jadwal kegiatan mencuci secara teratur. Sementara untuk kulkas yang notabenenya selalu menyala, usahakan untuk mengatur suhunya. Ketika isi kulkas terlalu banyak, baiknya naikkan suhunya. Hal ini bisa mengurangi penarikan daya listrik.

Kemudian, usahakan untuk tidak meletakkan makanan dan minuman yang masih panas. Karena, suhu panas ini bisa meningkatkan beban kerja kulkas. Sama halnya ketika makanan dan minuman terlalu dingin, usahakan tidak langsung disimpan dalam kulkas. Baiknya, tunggu beberapa menit supaya kulkas tidak terbebani.

7. Terapkan Kebiasaan Hemat Listrik

Cara terakhir untuk mengurangi tagihan listrik bulanan adalah dengan menerapkan kebiasaan hemat listrik. Komitmen ini perlu diterapkan oleh seluruh anggota keluarga. Berikan contoh untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan penghematan listrik. Contohnya dengan melepaskan charger atau colokan TV ketika tidak digunakan.

 

kebiasaan hemat listrikkebiasaan hemat listrik
Kebiasaan hemat listrik dengan mematikan lampu ketika tidak digunakan. Gambar: www.obrien.com.au

 

Begitu pula, tetapkan aturan untuk tidak menyalakan lampu sepanjang waktu. Anda bisa mengganti opsi penerangan ruangan dengan membuka tirai atau jendela saat siang hari. Perilaku ini perlu dibiasakan untuk semua penghuni rumah agar tidak selalu bergantung pada penggunaan listrik sepanjang waktu.


Itulah beberapa cara mengurangi tagihan listrik bulanan yang dapat Anda lakukan mulai dari sekarang. Untuk mengurangi beban biaya, pastikan lagi bahwa peralatan listrik yang digunakan sudah hemat energi. Jika Anda membutuhkan produk kelistrikan yang hemat energi, Anda bisa mencarinya di telesindo.id.