Perbedaan MCB dan MCCB untuk listrik yang dipasang di dalam rumah

Fakta-fakta MCB vs MCCB, mana yang lebih baik? Perbedaan MCB dan MCCB untuk listrik di rumah rupanya masih belum banyak diketahui. Dua komponen kelistrikan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ini memang memiliki singkatan nama yang hampir sama.

Sebenarnya, baik MCB dan MCCB merupakan komponen jenis Circuit Breaker, yaitu alat pengaman listrik yang dirancang untuk melindungi sirkuit listrik dari kerusakan akibat kelebihan arus.

Namun, apa sebenarnya perbedaan MCB dan MCCB  itu? Benarkah MCCB lebih baik daripada MCB untuk listrik di rumah? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian dan Kegunaan MCB

MCB atau Miniature Circuit Breaker adalah sakelar listrik yang dioperasikan secara otomatis bertujuan untuk mencegah kerusakan pada sirkuit listrik akibat kelebihan arus selama terjadinya potensi korsleting untuk melindungi dari gangguan listrik dan kegagalan peralatan.

MCB banyak digunakan sebagai komponen isolasi di lingkungan rumah tangga, komersial, dan industri.

Kinerja MCB dipicu oleh mengalirnya arus listrik yang melebihi arus aman yang ditentukan. MCB dirancang untuk melindungi dari kelebihan beban dan hubungan arus pendek yang dideteksi secara berbeda menggunakan proses terpisah.

Pengertian dan Kegunaan MCCB

Sama halnya dengan MCB, MCCB atau Moulded Case Circuit Breaker adalah komponen perlindungan listrik yang digunakan untuk melindungi sirkuit listrik dari arus yang berlebihan, yang dapat menyebabkan kelebihan beban atau korsleting.

Dengan rating arus hingga 2500A, MCCB dapat digunakan untuk berbagai tegangan dan frekuensi dengan pengaturan trip yang dapat disesuaikan.

MCCB digunakan sebagai pengganti MCB dalam sistem kelistrikan skala besar untuk tujuan isolasi dan perlindungan sistem.

Perbedaan dan Persamaan antara MCB dan MCCB

Secara mekanisme, MCB dan MCCB bekerja dengan cara dan fungsi yang sama, melalui mekanisme pemasangan yang sama pula. Kedua komponen tersebut juga masuk kategori pemutus sirkuit tegangan rendah yang berstandar IEC 947.

Namun demikian, ada beberapa faktor pembeda yang mendasar di antara keduanya.

MCB memiliki kapasitas rating arus yang lebih kecil, hanya sampai 63 Amps dengan ukuran yang juga lebih kecil, sedangkan MCCB memiliki kapasitas rating arus sampai dengan 1000 Amps dengan ukuran lebih besar.

Oleh karena itu, MCB lebih cocok untuk alat-alat dengan rating kecil, sedangkan MCCB digunakan untuk alat-alat yang lebih berat.

Pada MCB, Trip Level atau ambang batas arus yang melewatinya tidak bisa diatur, sementara trip level pada MCCB bisa diatur oleh pengguna sesuai kebutuhan.

Singkatnya, MCCB memiliki fungsi yang sangat mirip dengan MCB, tetapi memiliki kapasitas yang lebih tinggi. MCB dirancang untuk sirkuit tegangan rendah, sedangkan MCCB dapat digunakan dengan tegangan yang lebih tinggi.

Antara MCB dan MCCB, Mana yang Lebih Baik untuk Dipasang di Rumah?

Menjawab pertanyaan tersebut kembali pada definisi-definisi terkait MCB dan MCCB yang telah dijelaskan di atas.

Dalam hal ini, kedua komponen pengamanan listrik tersebut diciptakan dengan tujuan dan fungsi yang telah diatur sedemikian rupa sehingga baik dan buruk diputuskan berdasarkan kondisi sistem kelistrikan yang ada di rumah.

Meskipun MCCB mempunyai lebih banyak fitur daripada MCB, bukan berarti komponen ini lebih baik. Salah satu pertimbangan penting saat akan memasang MCB atau MCCB adalah kebutuhan dari pengguna.

Idealnya, MCCB biasa digunakan untuk level industri dan komersil. Sementara, untuk sistem kelistrikan di rumah yang cenderung lebih sederhana, MCB pun sudah cukup memiliki kemampuan untuk menjalankan fungsinya.

Cara Mendapatkan MCB dan MCCB Berkualitas

Sistem kelistrikan di rumah harus dipastikan keamanan dan kekuatannya karena tingkat risikonya yang tinggi serta rentan. Oleh karena itu, komponen listrik yang digunakan di dalam rumah harus memiliki jaminan kualitas, termasuk saat merencanakan pemasangan MCB atau MCCB.

Kualitas ini salah satunya bisa dilihat dari ada tidaknya label Standar Nasional Indonesia (SNI) pada merek-merek MCB atau MCCB yang ada di pasaran.

Sebagai contoh, MCB dan MCCB yang diproduksi oleh Schneider saat ini memiliki market yang besar karena jaminan kualitasnya yang dibuktikan lewat sertifikasi, termasuk adanya label SNI. Dengan demikian, para pengguna bisa memastikan keamanan pada sistem kelistrikan di rumah melalui pemasangan MCB dan MCCB dari Schneider.

Cek deretan produk MCB dan MCCB terlengkap dan berkualitas yang bisa Anda dapatkan dengan belanja dari rumah melalui e-commerce telesindo.id. Check-out dan dapatkan beragam promo dan penawaran menarik sekarang juga!