lampu led vs lampu neon

Bicara mengenai efisiensi, lampu LED dan lampu neon sama-sama efisien. Keduanya dirancang dengan teknologi yang sudah sangat baik. Tetapi, manakah yang lebih hemat dan terang?

Hemat dalam penggunaan listrik menjadi sesuatu yang didambakan oleh setiap orang. Tentu saja, seseorang akan semakin menyukainya ketika cahaya yang dihasilkan terang. Nah, kedua lampu tersebut sebenarnya menghasilkan cahaya yang amat terang. Begitu pula, keduanya pun hemat energi.

Meskipun begitu, tetap ada perbedaan mendasar dari kedua lampu tersebut. Jika Anda sedang mencarinya, mari simak perbandingan lampu LED vs lampu hemat energi di bawah ini!

Perbedaan Lampu LED vs Lampu Neon

Perlu dipahami jika kedua lampu ini sama-sama hemat dan terang. Tetapi, keduanya punya karakteristik tersendiri sehingga ada sedikit perbedaan dalam sisi hemat dan terangnya. Berikut ini perbandingannya!

Lampu Neon

 

 

lampu Neonlampu Neon
Lampu Neon. Gambar: Freepik

 

 

Lampu neon merupakan jenis dari lampu pendar yang menggunakan gas neon sebagai media pencahayaan baik untuk dalam ruangan maupun outdoor. Bentuknya yang beragam menjadi ciri khas untuk jenis lampu ini, dan pada umumnya digunakan sebagai lampu hias. 

Cara kerja lampu neon ini menggunakan lecutan listrik yang akan mengaktifkan fosfor di bagian dalam tabung. Dalam lampu neon, arus listrik yang mengalir melalui gas. 

Kelebihan dari penggunaan jenis lampu ini, cahaya yang dihasilkan akan menjadi lebih terang jika dibandingkan dengan lampu bohlam. Lampu ini bisa bertahan lebih lama dan daya listrik yang digunakan jauh lebih hemat. Adapun kelemahan, harganya yang cukup mahal dan proses instalasi lebih rumit sehingga dibutuhkan teknisi yang akan membantu.

 

Baca Juga: Tips Bikin Hunian Kamu Terlihat Lebih Modern Dengan Harga Murah

 

Lampu LED

LED (Light Emitting Diode) adalah lampu yang dirancang dengan memanfaatkan teknologi terkini. Penggunaannya pun semakin populer. Terlebih, cahaya yang dihasilkan sangat terang. Jenis lampu ini pun memiliki efisiensi lebih tinggi. diketahui jika kemampuannya mengubah energi menjadi cahaya sangatlah baik. Bahkan, hanya butuh sedikit energi dari listrik saja untuk membuatnya lebih terang.

Di samping itu, umur pemakaiannya jauh lebih panjang. Ketahanannya sangat teruji sehingga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Terlebih, lampu ini sangat hemat energi. Kelebihan lampu LED lainnya yang tidak dimiliki lampu sebelumnya adalah bebas dari bahan berbahaya. Lampu ini kenyataannya tidak mengandung merkuri. Tentu saja, ini sangat ramah lingkungan meskipun limbahnya dibuang.

 

 

lampu led di kamarlampu led di kamar
Lampu led di kamar. Gambar: Freepik/@dotshock

 

 

Yang paling menarik, pemanasan lampu ini tergolong rendah. Hal ini memungkinkan lampu lebih aman dari risiko kebakaran. Tidak seperti lampu pijar yang karakteristik panasnya lebih tinggi.

Saat ini, lampu jenis ini sudah banyak dipasarkan di pasaran. Harganya pun bervariasi, tergantung pada besaran Watt. Meskipun tergolong lebih mahal, hemat dan lebih terangnya cahaya menjadikannya sebagai pilihan terbaik. Nah, Anda bisa menengok list seri dan harganya di telesindo.


Baca Juga: 4 Tips Memilih Lampu Gudang dan Rekomendasi Pencahayaan Industri yang Benar


Tips Memilih Lampu LED yang Tepat

Efisiensi energi menjadi alasan seseorang memilih lampu LED ini. Di samping itu, cahayanya pun sangat terang dan tahan lama. Walaupun begitu, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal ketika hendak membelinya. Berikut ini tips bermanfaat sewaktu memilih lampu LED! 

1. Pilih Warna Cahaya Lampu

Perlu diingat bahwa lampu LED ini tersedia dalam beberapa varian warna cahaya. Tentu saja, setiap jenis warna ini cocok digunakan untuk ruangan tertentu saja. Untuk itulah, Anda harus mempertimbangkan warna yang sesuai.

Pada dasarnya, lampu dengan warna putih dan kuning kerap kali digunakan untuk ruangan yang umum. Karena, sifatnya lebih terang dan cocok untuk menerangi segala ruangan. Anda bisa meletakkan lampu dengan warna tersebut di halaman depan, ruang tamu, ruang dapur dan lain sebagainya. 

Berbeda jika Anda memilih lampu yang lebih berwarna, ini hanya cocok untuk ruangan tertentu saja. Biasanya, lampu ini hanya dipergunakan untuk kebutuhan dekorasi atau pemanis ruangan saja.


2. Sesuaikan Kebutuhan Daya Watt dan Lumen Lampu

LED memang terang dan hemat energi, tetapi Anda juga perlu memperhatikan watt dari lampunya. Semakin tinggi watt yang digunakan, pencahayaannya jelas lebih terang. Di balik itu, konsumsi listrik juga akan semakin besar. Apabila lampu yang digunakan dalam jumlah banyak, tentu saja ini akan mempengaruhi pada jumlah pengeluaran listrik rumah tangga Anda.

Di sini, Anda hanya perlu mempertimbangkan tingkat kecerahan dan jumlah watt-nya. Usahakan sesuai dengan kebutuhan supaya tagihan listrik ke depannya tidak mengalami pembengkakan.

 

 

memilih lampu led yang tepatmemilih lampu led yang tepat
Memilih lampu led yang tepat. Gambar: Freepik/@pixel-shot.com

 

 

3. Pertimbangkan Lampu dengan Fitur Kontrol Kecerahan

Lampu jenis LED ini sudah mengalami sejumlah peningkatan. Salah satunya dilengkapi dengan fitur kontrol kecerahan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur intensitas pencahayaan dalam ruangan. Tentu saja, keberadaannya akan sangat membantu Anda. Terutama ini berkaitan langsung dengan konsumsi daya listrik.


4. Cermati Daya Tahan Lampu

Pertimbangan lain dalam memilih lampu adalah daya tahannya. Ketahanan lampu ini akan membuat Anda bisa memperkirakan waktu pergantian. Biasanya, pihak penjual akan memberikan garansi pemakaian. Garansi ini juga menjadi penanda dari jangka waktu pemakaian lampu. Untuk itu, Anda sebaiknya memperhatikan garansinya.


5. Pilih Merk Lampu LED yang Berkualitas

Tips selanjutnya adalah selalu membeli lampu LED dengan merk berkualitas. Merk ternama yang sudah terjamin kualitasnya akan memberikan jaminan yang lebih baik. Anda pun tidak perlu mencoba-coba untuk membeli lampu. Karena, Anda sudah memahami kelebihan dan kekurangannya.


Demikianlah ulasan mengenai perbandingan lampu LED vs lampu neon. Secara umum, lampu LED ini lebih unggul dari sisi pencahayaan dan lebih hemat konsumsi listrik. Anda bisa mendapatkan beragam produk lampu LED terlengkap dengan kualitas terbaik dari ECOLINK hanya di Telesindo.id, tempat belanja online dari distributor resmi produk lampu terbaik.