cctv

Menjaga keamanan rumah sangatlah penting. Mengingat, tindakan kejahatan seperti pencurian barang di rumah cukup tinggi. Apalagi jika tinggal di tempat yang padat penduduk. Anda perlu ekstra hati-hati agar harta benda yang berada di rumah tidak dibawa lari maling.

Tindakan pencegahan tentu menjadi opsi terbaik yang harus dilakukan setiap waktu. Apalagi, tindakan pencurian tak mengenal waktu. Sekali ada kesempatan, maling bisa membobol rumah dan menggasak barang-barang berharga di dalam rumah.

Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Mari kami tunjukkan beberapa tips menjaga keamanan rumah dari pencuri.

 

Baca Juga: Cara Bijak Menghemat Listrik dan Manfaatnya

 

Tips Menjaga Keamanan Rumah dari Maling

Memasang CCTV memang sangat membantu. Tetapi, keberadaannya tidaklah cukup untuk mengamankan rumah dari kemalingan. Untuk itulah, Anda memerlukan tindakan lain untuk mencegah maling masuk rumah. Berikut ini tips menjaganya: 

1. Buatlah Kesan Ada Penghuni Rumah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pencuri masuk karena ada kesempatan. Kesempatan ini berupa rumah yang tampak kosong karena ditinggalkan penghuninya.. Salah satu waktu di mana rumah kosong tanpa penghuni adalah siang hari. Karena, kebanyakan orang akan meninggalkan rumah untuk bekerja dan lain sebagainya.

Apabila Anda dan anggota keluarga sering mengosongkan rumah, langkah baiknya adalah menciptakan kesan ada penghuni dalam rumah. Caranya dengan menyalakan radio atau suara-suara yang merepresentasikan kehadiran penghuni di dalam rumah. Sementara bila memasuki waktu malam, usahakan untuk menyalakan semua lampu di tempat yang tampak dari luar. Setidaknya, lampu yang menyala ini memberikan kesan bahwa ada penghuni yang masih terjaga.

 

2. Tutup Akses Masuk ke Rumah

Akses masuk ke dalam rumah harus tertutup secara rapat. Untuk area yang paling sering diakses oleh pencuri adalah pintu dan jendela yang terbuka. Dua area ini harus sangat diperhatikan. Ketika Anda tidak berada di rumah, pastikan akses masuknya dikunci secara rapat. Bahkan, tempatkan gembok jika diperlukan.

Intinya, buatlah rumah menjadi sangat sulit dimasuki oleh pencuri sehingga mereka mengurungkan niat untuk melancarkan aksinya. Karena, maling biasanya hanya menggasak barang dalam hitungan menit saja.


3. Selalu Tutup Pintu Garasi

Memastikan garasi selalu tertutup dapat meminimalkan orang mengendap-endap masuk tanpa disadari. Jangan sampai Anda lengah membiarkan pintu garasi selalu terbuka sehingga pencuri bisa memanfaatkan kesempatan untuk masuk ke rumah Anda.

Apabila Anda termasuk orang yang sering lupa menutup garasi, tidak ada salahnya untuk memasang pintu otomatis di garasi.Jenis pintu ini semakin melengkapi sistem keamanan rumah. Pada akhirnya, kemungkinannya kecil bagi pencuri untuk merayap masuk dari garasi.


4. Hilangkan Area untuk Tempat Bersembunyi di Sekitar Rumah

Tips selanjutnya untuk menjaga keamanan rumah dari pencuri adalah dengan meminimalkan tempat kosong dan tersembunyi, terutama pada beberapa titik yang dekat dengan akses masuk. Contohnya dekat jendela, garasi, atau pintu.

Dengan tidak adanya tempat sembunyi, pencuri pun akan berpikir jika memasuki rumah tersebut sangat tidak aman. Bagaimana caranya? Potong pohon rindang yang terkesan bisa digunakan sebagai tempat persembunyian. Ini juga berlaku pada semak-semak yang bisa menghalangi pandangan pemilik rumah.


5. Jalin Komunikasi dengan Tetangga dan Pengurus RT/RW

Bersosialisasi dengan tetangga adalah pilihan yang terbaik. Tetangga akan membantu Anda memantau kondisi area di sekitar rumah. Mereka juga akan sigap ketika ada sesuatu yang mencurigakan di dekat rumah Anda. Sebaliknya, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk membantu tetangga yang sedang mengalami kesulitan. Artinya, ada saling keterikatan untuk saling menjaga satu sama lain.

 

Baca Juga: Tips Bikin Hunian Kamu Terlihat Lebih Modern dengan Harga Murah

 

6. Simpan Harta di Tempat Aman

Tips terakhir yang sebaiknya dilakukan adalah menyimpan harta di tempat yang sangat aman. Anda bisa membuatkan sebuah tempat penyimpanan tertentu yang mungkin sangat tersembunyi. Atau, bisa juga menyediakan brankas anti maling. Brankas ini akan menjadi alat keamanan rumah yang bisa meminimalkan aksi pencurian di rumah.

Pilih brankas yang tahan terhadap api dan kedap air. Begitu pula, brankasnya memiliki berat yang cukup sehingga tidak dapat dibawa begitu saja.


Itulah beberapa tips dalam menjaga keamanan rumah dari kemalingan. Kuncinya adalah selalu waspada dengan mencegah kemungkinan rumah dimasuki maling. Jika membutuhkan pengamanan lebih, Anda bisa melengkapi rumah dengan CCTV maupun produk-produk pengamanan lainnya. Contohnya adalah gembok hingga lampu yang bisa menerangi rumah.

Untuk lampu, CCTV, hingga peralatan listrik lainnya, Anda bisa menemukan solusi untuk semua kebutuhan di telesindo.id. Di sini, tersedia beragam produk kualitas terbaik dari merek yang sudah dikenal andal di seluruh dunia dengan harga yang sangat amat bersahabat.