rumah minimalis modern

Mau hunian lebih modern tapi terkendala budget terbatas? Jangan khawatir! Anda bisa mengaplikasikan berbagai tips sederhana untuk membuat hunian terlihat lebih modern. Tampilan rumah yang monoton akan membuat penghuninya bosan. Setelah itu, timbul rasa tidak nyaman ketika menempatinya.

Untuk menghindarinya, tampilan rumah perlu diubah menjadi lebih modern. Dan tenang saja, membuat hunian terlihat lebih modern tidak harus keluar biaya mahal. Nah, bagaimana cara membuatnya? Simak tipsnya berikut ini!

Tips Membuat Hunian Terlihat Modern dengan Anggaran Terbatas


Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat hunian terlihat lebih modern. Contohnya dengan menempatkan lampu hias atau semacamnya. Selain menggunakan lampu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merealisasikannya. Berikut ini tips membuat hunian lebih modern dengan harga murah: 

 

1. Cat Dinding dengan Warna Netral

 

Mengecat dinding akan sangat berguna dalam mengubah tampilan sebuah hunian. Salah satu pilihan warna untuk membuat ruangan terkesan modern adalah warna netral. Contohnya warna earth tone, cokelat atau putih. Warna-warna cat ini menjadi komponen utama dari desain rumah modern. Penerapannya akan menghasilkan tampilan yang lebih memikat.

 

warna cat netralwarna cat netral
Ilustrasi rumah dengan cat warna putih. Gambar: Freepik

 

Senadakan warna ini pada beberapa komponen. Tujuannya untuk menciptakan kesan luas dari hunian. Supaya tidak terlalu polos, tambahkan aksesoris dinding seperti kaca atau figura. Yang paling penting, hindari berlebihan dalam menempatkan aksesoris tersebut.


2. Maksimalkan Cahaya Alami

 

rumah terbuka untuk memaksimalkan cahayarumah terbuka untuk memaksimalkan cahaya
Ilustrasi rumah terbuka untuk memaksimalkan cahaya. Gambar: Dekoruma (gezerproject.org)

 

Desain dari rumah modern mengedepankan pada segi kenyamanan dan kebanggaan. Sisi ini bisa Anda dapatkan dengan memaksimalkan cahaya alami ke dalam hunian. Keberadaan cahaya alami ini akan membuat ruangan dalam rumah terlihat lebih luas. Karena, cahaya ini akan menciptakan ilusi ruangan yang lebih lebar. Anda bisa menempatkan jendela ukuran besar di beberapa titik agar cahaya dapat masuk ke dalam ruangan dengan mudah.


3. Aplikasikan Cermin

 

aplikasikan cermin besaraplikasikan cermin besar
Menggunakan cermin besar untuk menambah kesan luas. Gambar: berita.99.co/decorfacil.com

 

Cermin menjadi elemen penting dalam mendukung kesan modern sebuah hunian. Cermin ini tidak hanya membuat ruangan tampak lebih modern, tetapi juga bisa menciptakan kesan lebih luas. Betapa tidak, cermin ini bisa memantulkan cahaya hingga menjangkau ke berbagai sudut. Hasilnya, ruangan akan terlihat lebih luas dan modern. Anda bisa menempatkan cermin di tengah dinding sebuah ruangan untuk menambah estetika dan kesan lebih modern.


4. Ganti Tirai dengan Motif Cerah

 

tirai motif cerahtirai motif cerah
Tirai di ruang ramu dengan warna cerah. Gambar: Rukita

 

Perubahan tirai rumah dapat membuat kesan tampilan ruangan menjadi lebih segar. Salah satu tirai yang sebaiknya dipertimbangkan adalah tirai bermotif cerah. Usahakan juga tirainya berbahan ringan dan transparan. Dengan begitu, pencahayaan akan lebih optimal.


5. Gunakan Perabot Multifungsi

 

Perabot atau furnitur multifungsi menjadi elemen yang menambah kesan modern. Pertimbangkan pemilihan furnitur yang fleksibel dan bisa digunakan untuk lebih dari satu fungsi. Selain memangkas anggaran, furnitur ini akan menambah aksen lebih simpel serta modern.

 

perabot multifungsiperabot multifungsi
Dipan kamar tidur dengan tempat penyimpanan

 

Salah satu contohnya adalah memilih dipan kamar tidur yang sudah dilengkapi dengan tempat penyimpanan. Perabotan ini juga tidak akan memakan banyak tempat. Jadi, memudahkan Anda dalam menempatkannya di kamar tidur.


6. Tambahkan Lampu

 

Tips membuat hunian terlihat lebih modern lainnya adalah dengan menambahkan sejumlah lampu ke dalam ruangan. Lampu ini akan menjadi hiasan yang membuat tampilan ruangan semakin bagus. Anda bisa menggunakan lampu sorot, lampu gantung atau pun lampu dinding dengan desain yang modern. 

 

lampu led di kamar tidurlampu led di kamar tidur
Lampu led di kamar dengan desain modern. Gambar: Dekoruma/unsplash.com

 

Usahakan untuk mengatur jumlah lampu yang dipasang agar tidak terlalu banyak, cukup 1-2 buah per ruangan. Kemudian, letakkan di tempat yang sekiranya bisa menciptakan kesan modern.


7. Tempatkan Tanaman Hias

 

Tanaman hias menjadi salah satu benda yang bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Pemasangan tanaman hias kerap menjadi inspirasi rumah modern yang juga bisa Anda tiru. Yang terpenting, tanaman hias ini ditata dan dirawat dengan baik dalam ruangan.

 

tanaman hias indoortanaman hias indoor
Ilustrasi tanaman hias dalam rumah. Gambar: Kumparan/Elena Golovchenko/pexels.com

 

Beberapa tempat yang ideal untuk meletakkan tanaman hias adalah di atas meja tamu atau pun di beberapa sudut ruangan. Kemudian untuk tanaman hiasnya, Anda bisa memilih tanaman yang ukurannya kecil. Contohnya monstera.


8. Atur Letak Perabotan dan Pastikan Kebersihan Hunian

 

Perabotan hingga alat listrik rumah tangga yang berada di dalam hunian perlu ditata serapi mungkin. Agar semakin enak dipandang, dan nyaman ditempati. Di samping menatanya dengan rapi, penghuninya juga perlu memastikan hunian tetap bersih sepanjang waktu. Contohnya dengan rajin menyapu dan mengepel.

 

membersihkan rumahmembersihkan rumah
Ilustrasi ayah dan anak melakukan aktivitas untuk membersihkan rumah. Gambar: sehataqua.id

 

Sangat penting untuk menata barang-barang yang tidak sering dipakai dengan menyimpannya di ruangan khusus. Hal ini dilakukan agar ruangan lebih terorganisir.


Kesimpulannya, membuat hunian terlihat lebih modern bisa dilakukan meskipun terkendala dengan biaya. Anda bisa mulai dengan mengubah tampilan dinding dengan warna cat netral. Kemudian, mulailah selektif dalam menempatkan perabotan dan tata serapi mungkin. Setelah itu, tambahkan aksesoris atau pun elemen dekoratif lainnya seperti lampu.

Apabila Anda membutuhkan lampu terbaik untuk membuat hunian lebih modern, Anda bisa mendapatkannya di Telesindo.id. Yakni, situs terbaik yang menyediakan berbagai produk alat listrik seperti lampu pendukung rumah modern.